Mengalahkan 666

Enam ratus enam puluh enam. Antikristus. 666 adalah angka yang banyak dipercaya sebagai lambang antikristus. Tokoh penyesat jahat yang akan tampil di akhir jaman. Apakah anda takut terhadap tokoh itu? Jangan takut! Anda tidak perlu ketakutan. Juga tidak perlu kabur melarikan diri ke awan-awan. Di dalam Kristus, anda pasti mengalahkannya!

Siapakah antikristus? Siapakah 666? Kaisar Nero, Paus pemimpin umat Katolik, Adolf Hitler, Bill Gates, Barack Obama dan banyak tokoh-tokoh dunia lainnya telah diduga sebagai tokoh 666 oleh beberapa kelompok Kristen dari berbagai jaman. Mereka menafsirkan hal itu berdasarkan metode dan rumus perhitungan sendiri yang belum tentu benar.

Padahal Alkitab sebagai Kitab Suci umat Kristen sudah memberi referensi tentang 666 di kitab 1 Raja-raja 10:14 Adapun emas, yang dibawa kepada Salomo dalam satu tahun ialah seberat enam ratus enam puluh enam talenta. Menurut saya, jauh lebih bijak memulai penyelidikan tentang 666 dari kitab-kitab yang ditulis Salomo. Dimulai dengan mempelajari kehidupan Salomo dan dan pengejaran kesia-siaan yang dilakukannya. Namun bukan itu yang akan kita pelajari saat ini.

Mari melihat catatan Kitab Wahyu tentang 666. Bilangan 666 adalah  adalah bilangan binatang. Selain bilangan binatang, 666 juga adalah bilangan seorang  manusia. 666 adalah bilangan manusia binatang. Manusia yang hidupnya tidak lebih dari seekor binatang.

Yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam. Wahyu 13:18

Tokoh 666 ditakuti karena dicatat sebagai manusia yang diberi kekuasaan besar.

Dan kepadanya diberikan kuasa untuk memberikan nyawa kepada patung binatang itu, sehingga patung binatang itu berbicara juga, dan bertindak begitu rupa, sehingga semua orang, yang tidak menyembah patung binatang itu, dibunuh. Dan ia menyebabkan, sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya, dan tidak seorangpun yang dapat membeli atau menjual selain dari pada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya. Wahyu 13:15-17

Benarkah 666 itu memiliki kekuasaan besar dan akan menyesatkan semua manusia? Tidak benar!

666 hanya diberi kuasa terbatas dan tidak dapat menyesatkan semua manusia. Kitab Wahyu mencatat dengan jelas tentang mereka yang akan mengalahkan 666. Untuk jelasnya, mari kita bandingkan Wahyu pasal 13-14 dengan Yohanes 12:24-26.

Perhatikan dengan teliti kata demi kata yang tertulis di Wahyu 13:14.

Ia menyesatkan mereka yang diam di bumi  dengan tanda-tanda, yang telah diberikan kepadanya untuk dilakukannya di depan mata binatang itu. Dan ia menyuruh mereka yang diam di bumi, supaya mereka mendirikan patung untuk menghormati binatang yang luka oleh pedang, namun yang tetap hidup itu. Wahyu 13:14 

Siapakah yang akan disesatkan? Mereka yang diam di bumi! Ingat, hanya manusia yang tinggal di bumi yang akan disesatkan.

Lalu bagaimana dengan kita para murid Kristus? Bukankah kita juga tinggal di bumi? Tidak!

Murid Kristus tidak tinggal di bumi. Murid Kristus tinggal di dalam Kristus!.

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah. Yohanes 12:24 

Setelah biji gandum itu jatuh ke dalam tanah dan mati, biji itu mulai bertunas. Tunas harus keluar dari dalam tanah untuk memulai kehidupan sebagai tumbuhan baru. Tumbuhan yang akan menghasilkan banyak buah.

Demikian juga dengan para murid Kristus. Setelah mati dari kehidupan yang lama di bumi, maka kita harus memulai kehidupan baru di dalam Kristus. Kita sudah ditebus supaya dapat beralih dari hidup yang sia-sia di bumi kepada hidup di dalam Kristus. Kehidupan baru yang akan menghasilkan banyak buah.

Ingatlah, mereka yang disesatkan adalah mereka yang tinggal di bumi. Jangan keliru! Tinggal di bumi artinya tidak tinggal di dalam Kristus. Kita tidak diminta meninggal dunia atau mati secara fisik terlebih dahulu untuk dapat tinggal di dalam Kristus. Kita tinggal di dalam Kristus dengan cara mengasihi sesama manusia.

Mereka yang disesatkan adalah mereka yang tinggal di bumi yaitu mereka yang tidak tinggal di dalam Kristus.

Setelah mengetahui siapa yang disesatkan, mudah untuk mengetahui siapa yang tidak akan disesatkan. Wahyu 13 mencatat tentang orang-orang yang disesatkan dan diberi tanda 666.  Sedangkan Wahyu 14 memberi penjelasan tentang mereka yang tidak ikut disesatkan.

Mereka adalah orang-orang yang tidak mencemarkan dirinya dengan perempuan-perempuan, karena mereka murni sama seperti perawan. Mereka adalah orang-orang yang mengikuti Anak Domba itu ke mana saja Ia pergi. Mereka ditebus dari antara manusia sebagai korban-korban sulung bagi Allah dan bagi Anak Domba itu. Wahyu 14:4 

Selain Wahyu 14, perhatikan juga Yohanes 12. Tepat setelah perumpamaan biji gandum, ayat berikutnya bicara tentang mereka yang mengikuti Yesus kemanapun Dia pergi.

Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situpun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa.  Yohanes 12:26 

Bukankah mudah untuk mengambil kesimpulan tentang siapa yang tidak akan disesatkan 666? Mereka yang tidak ikut disesatkan adalah orang-orang yang mengikuti Anak Domba itu ke mana saja Ia pergi.  Siapakah orang-orang itu? Mereka adalah orang-orang yang tinggal di dalam Kristus.

Lihatlah ibu yang sedang hamil. Sama seperti anak yang tinggal di dalam rahim ibunya akan senantiasa mengikuti ibunya itu ke mana saja sang ibu pergi, demikian juga mereka yang tinggal di dalam Kristus akan senantiasa mengikuti Kristus kemanapun Ia pergi.

Mereka yang mengikuti Anak Domba itu adalah orang-orang yang melayani Kristus. Mereka disebut sebagai sahabat Kristus dan dihormati Bapa.  Mereka adalah orang-orang yang mengasihi sesamanya. Mereka inilah yang pasti tidak akan ikut disesatkan.

Wahyu 14:12-13  kemudian mencatat ciri-ciri dari mereka yang mengikuti Anak Domba itu ke mana saja Ia pergi. Mereka yang tidak akan disesatkan oleh 666.

Yang penting di sini ialah ketekunan orang-orang kudus, yang menuruti perintah Allah dan iman kepada Yesus. Dan aku mendengar suara dari sorga berkata: Tuliskan: “Berbahagialah orang-orang mati yang mati dalam Tuhan, sejak sekarang ini.” “Sungguh,” kata Roh, “supaya mereka boleh beristirahat dari jerih lelah mereka, karena segala perbuatan mereka menyertai mereka.”  Wahyu 14:12-13

Wahyu 14:12 mencatat mereka adalah orang-orang kudus yang bertekun dalam perintah Allah dan iman kepada Yesus.  Perintah Allah yang dimaksud adalah perintah mengasihi sesama manusia. Iman adalah dasar dan akan bertumbuh hingga menjadi kasih kepada sesama manusia. Benih itu bernama iman Yesus dan ketika tumbuh dewasa yang dihasilkan adalah pohon kehidupan yang berbuah kasih bagi semua manusia.

Wahyu 14:13 mencatat mereka ialah orang-orang yang mati dalam Tuhan. Kalau anda tinggal di bumi maka anda akan hidup dan kemudian mati di bumi. Kalau anda tinggal di dalam Kristus maka anda akan hidup dan mati di dalam Kristus. Hanya mereka yang tinggal di dalam Kristus yang akan mati di dalam Tuhan.

Tanda 666  menunjuk kepada mereka yang tidak mengasihi sesamanya. Motivasi, pikiran dan perbuatan mereka mengejar kesempurnaan namun bukan karena kasih kepada sesama manusia.  Sekalipun mengenal kasih Allah namun mereka menolak untuk mengasihi sesama manusia. Mereka tidak segan-segan menipu, mencuri dan membunuh demi kepentingan diri sendiri. Mereka mengejar harta, hormat, kepandaian dan hendak meninggikan diri sebagai TUHAN. Mereka tidak menghormati Allah dan pasti tidak akan luput dari penyesatan. 666 adalah bilangan manusia yang menolak untuk mengasihi sesama manusia.

Hanya mereka yang mengasihi sesamanya yang tidak akan disesatkan. Karena mereka yang mengasihi sesamanya akan tinggal di dalam Kristus. Mereka mengalahkan 666.

Kasih kepada sesama manusia adalah kunci untuk mengalahkan penyesatan 666.

Kejarlah kasih. Follow the way of love.

https://kejarlahkasih.wordpress.com

Iklan

Diterbitkan oleh

kejarlahkasih

Kejarlah kasih, follow the way of love. https://kejarlahkasih.wordpress.com

2 tanggapan untuk “Mengalahkan 666”

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s