Suatu Perjanjian Baru

Dibenarkan karena percaya adalah dasar perjanjian dengan Abraham. Dibenarkan karena melakukan adalah dasar perjanjian Taurat dengan bangsa Israel. Dibenarkan karena percaya dan melakukan adalah dasar perjanjian yang lama. Perjanjian yang telah menjadi tua dan usang. Perjanjian lama yang sudah dekat kepada kemusnahannya.

 Perjanjian lama sudah berlalu. Perjanjian baru sudah datang.

Berikut ini adalah perkataan yang diucapkan Yesus pada malam perjamuan terakhir. Perjamuan yang dimintaNya untuk dilakukan oleh para murid sebagai peringatan akan Dia. Perjamuan yang diperingati untuk menjadi proklamasi kematianNya.

Lalu Ia mengambil roti, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka, kata-Nya, “Inilah tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku.”Demikian juga dilakukan-Nya dengan cawan sesudah makan; Ia berkata, “Cawan ini adalah perjanjian baru oleh darah-Ku, yang ditumpahkan
bagi kamu.
 Lukas 22:19-20

TubuhNya telah diserahkan. DarahNya telah ditumpahkan. Hutang dihapuskan. Pengampunan tanpa syarat diberikan.

TUHAN mengikat perjanjian darah dengan bangsa Israel. Taat diberkati, tidak taat dikutuk. Perjanjian seumur hidup dengan ancaman mengerikan bagi pihak yang melanggar. Tidak mungkin batal kecuali digenapi.

Perjanjian lama membuktikan tidak ada manusia sempurna yang sanggup mentaati semua hukum.  Manusia belum sempurna. Hukum yang seharusnya mendatangkan hidup malah membuktikan manusia dosa.  Tetapi Allah begitu mengasihi manusia. Ia tidak menghendaki manusia berjalan dalam kesia-siaan menuju kebinasaan. Ia menghendaki manusia sembuh dan tumbuh menjadi sempurna seperti Bapa.

Tetapi hukum telah dikeluarkan dan perjanjian telah disepakati. Setiap kesalahan harus menerima hukuman. Tanpa penumpahan darah tidak akan ada pengampunan.

Rasul Paulus menjelaskan hubungan tersebut dalam kitab Roma. Seperti sepasang suami isteri yang mengikat perjanjian penikahan seumur hidup. Tidak mungkin batal kecuali maut memisahkan. Siapa saja yang melanggar perjanjian akan menerima ganjaran. Hukum digenapi kalau pelanggar perjanjian diberi ganjaran sesuai dengan sanksi yang disepakati dalam perjanjian. Kapan ikatan pernikahan antara suami istri itu berakhir? Perjanjian pernikahan itu berakhir kalau salah satu pihak mengalami kematian.

Sebab seorang istri terikat oleh hukum kepada suaminya selama suaminya itu hidup. Akan tetapi apabila suaminya itu mati, bebaslah ia dari hukum yang mengikatnya kepada suaminya itu.  Roma 7:2

Yesus mati. DarahNya tertumpah. Perjanjian darah digenapi. Yesus Kristus sudah mati. Perjanjian lama berakhir. Manusia dibebaskan dari ikatan perjanjian yang lama.

Sekarang manusia dapat beralih kepada suatu perjanjian baru. Perjanjian yang didasarkan atas anugerah. Manusia dibenarkan oleh anugerah karena karunia kasih Kristus.

Hukum yang lama sudah berlalu. Segala perintah dan ketentuan yang ada didalamnya menjadi batal. Namun murid-murid Kristus tidak ditinggalkan tanpa perintah.

Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.  Yohanes 13:34

Dia meninggalkan satu perintah baru. Perintah itu adalah untuk saling mengasihi diantara sesama manusia. Perintah yang adalah perintah terbesar. Perintah Allah yang tidak boleh ditiadakan.

Hanya dengan cara saling mengasihi di antara sesama manusia, maka para murid Kristus dapat bertumbuh dan menjadi sempurna seperti Bapa.


Kejarlah kasih. Follow the way of love.

Iklan

Diterbitkan oleh

kejarlahkasih

Kejarlah kasih, follow the way of love. https://kejarlahkasih.wordpress.com

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s