Tebusan Bagi Semua

Allah adalah kasih. Allah menghendaki supaya semua orang diselamatkan.

Ribuan tahun yang lalu, malaikat Gabriel diutus Allah berkunjung ke Nazaret, sebuah kota di Galilea, kepada Maria untuk memberitakan kelahiran Yesus.

Yohanes menyebut Yesus: Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia.

Yesus Kristus adalah tebusan bagi semua orang. 


Allah mengasihi semua manusia tanpa membedakan.

Manusia belum tentu mau selalu mengasihi namun Allah selalu mengasihi. Sejak awal dunia, Allah sudah mengasihi manusia. Terhadap manusia yang tidak mengenal-Nya sekalipun Allah tetap mengasihi. Allah mustahil tidak mengasihi. Allah adalah kasih.

Allah menghendaki supaya semua orang diselamatkan.

Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah, Juruselamat kita, yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran. 1 Timotius 2:3-4

Allah Juruselamat kita menghendaki supaya semua orang diselamatkan.

Ribuan tahun yang lalu, malaikat Gabriel diutus Allah berkunjung ke Nazaret, sebuah kota di Galilea, kepada Maria untuk memberitakan kelahiran Yesus. Dikandung Roh Kudus, lahir dari perawan Maria. Yesus datang sebagai anak manusia.

Singkat cerita, Yesus tumbuh dewasa. Suatu hari Yesus bertemu dengan seseorang berjubah bulu unta yang memakai ikat pinggang kulit. Orang itu tidak minum anggur atau minuman keras melainkan makan belalang dan madu hutan. Ia dikenal dengan nama Yohanes Pembaptis, utusan yang berseru-seru di padang gurun untuk meluruskan jalan-Nya.

seperti ada tertulis dalam kitab nubuat-nubuat Yesaya: Ada suara yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya. Setiap lembah akan ditimbun dan setiap gunung dan bukit akan menjadi rata, yang berliku-liku akan diluruskan, yang berlekuk-lekuk akan diratakan, dan semua orang akan melihat keselamatan yang dari Tuhan.Lukas 3:4-6

Yohanes menyebut Yesus: Anak Domba Allah.

Di sungai Yordan, Yesus memberi diri untuk dibaptis.

Roh Allah seperti burung merpati turun dari Sorga, tinggal atas-Nya. Suara dari Sorga berkata, inilah Anak-Ku yang terkasih. Anak Allah dinyatakan.

Firman menjadi manusia. Firman yang telah menjadi daging itu adalah manusia Kristus Yesus. Dialah pengantara yang esa antara Allah dan manusia.

Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus, 1 Timotius 2:5

Manusia Kristus Yesus adalah pengantara antara Allah dengan manusia.  Dia menyerahkan diri-Nya untuk menggenapi kehendak Allah supaya semua orang diselamatkan.

yang telah menyerahkan diri-Nya sebagai tebusan bagi semua manusia: itu kesaksian pada waktu yang ditentukan. 1 Timotius 2:6

Manusia Kristus Yesus menyerahkan diri-Nya sebagai tebusan bagi semua manusia. Anak Domba yang menghapus dosa dunia itu menggenapi kehendak Allah. Dia disembelih supaya manusia dari semua suku dan bahasa dan kaum dan bangsa diselamatkan.

Yesus Kristus menyerahkan diri-Nya menjadi tebusan bagi semua orang. Bagi orang percaya maupun yang tidak percaya. Tidak ada perbedaan. Diri-Nya adalah tebusan, tidak hanya bagi orang-orang Nasrani saja melainkan bagi semua manusia.

Kesaksian tentang penebusan semua manusia sangat penting. Paulus menulis, untuk itulah dia ditetapkan sebagai pemberita dan rasul dan pengajar. Begitu pentingnya kebenaran tentang penebusan semua manusia sehingga Rasul Paulus memandang perlu untuk menegaskan secara khusus bahwa dia berkata benar dan tidak berdusta.

Untuk kesaksian itulah aku telah ditetapkan sebagai pemberita dan rasul–yang kukatakan ini benar, aku tidak berdusta–dan sebagai pengajar orang-orang bukan Yahudi, dalam iman dan kebenaran. 1 Timotius 2:7

Kristus Yesus taat kepada kehendak Bapa. Dia telah menyerahkan diri-Nya sebagai tebusan bagi semua manusia. Dia tidak gagal.  Dia berhasil. Dia taat sampai mati di kayu salib. Dia menang. Itu sebabnya Allah sangat meninggikan-Nya.

Kepada-Nya dikaruniakan nama di atas segala nama, supaya bertekuk lutut segala yang di langit dan di bumi dan di bawah bumi, dan setiap lidah akan mengaku Yesus Kristus Tuhan, bagi kemuliaan Allah, Bapa. Kasih tidak pernah gagal.

Yesus Kristus adalah tebusan bagi semua.

 

Kejarlah kasih, follow the way of love.

Iklan

Diterbitkan oleh

kejarlahkasih

Kejarlah kasih, follow the way of love. https://kejarlahkasih.wordpress.com

9 tanggapan untuk “Tebusan Bagi Semua”

  1. Yes,,Terima kasih buat Penjelasan Bapak.
    Senang sekali bisa menemukan Blog ini juga akan dijadikan sebagai referensi bagi yang suka membuat perbedaan.
    Sekali lagi makasih yang banyak.

  2. Pak, jadi intisari pengajaran dalam Kitab Roma bahwa semua telah dibenarkan, apakah diteguhkan juga berdasarkan ayat dibawah ini ?

    Roma 8:19-23
    Sebab dengan sangat rindu seluruh makhluk menantikan saat anak-anak Allah dinyatakan.

    Karena seluruh makhluk telah ditaklukkan kepada kesia-siaan, bukan oleh kehendaknya sendiri, tetapi oleh kehendak Dia, yang telah menaklukkannya,tetapi dalam pengharapan, karena makhluk itu sendiri juga akan DIMERDEKAKAN dari perbudakan kebinasaan dan masuk ke dalam kemerdekaan kemuliaan anak-anak Allah.

    Sebab kita tahu, bahwa sampai sekarang segala makhluk sama-sama mengeluh dan sama-sama merasa sakit bersalin.Dan bukan hanya MEREKA saja, tetapi kita yang telah menerima karunia sulung Roh, kita juga mengeluh dalam hati kita sambil menantikan pengangkatan sebagai anak, yaitu pembebasan tubuh kita.

    Mohon dikoreksi apabila salah, Dan Makasih Pak.

  3. Terima kasih Pak, buat penjelasannya. Baiklah saya pasti baca ulang kitab Roma dari awal sampai selesai.
    Dan bila setelah baca ulang 3x msh ada kendala, sy tanya lagi ya. Makasih sekali lagi.

    1. Charis, saya senang jika anda membaca Alkitab dan menguji setiap pemahaman berdasarkan pernyataan Alkitab itu sendiri.

      Banyak ajaran Kristen yg tidak sesuai dengan Alkitab menjadi populer karena tidak diuji berdasarkan pernyataan Kitab Suci. Apa yg saya tulis juga belum tentu benar, karena itu ujilah berdasarkan Alkitab. Menerima begitu saja apa yg saya tulis cuma akan mengulangi kesalahan yg sama.

  4. Maksudnya ayat yang ini, Pak.
    Dan saya tdk menafsirkan karena ga sekolah khusus.

    Roma 9:18 Jadi Ia menaruh belas kasihan kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan Ia menegarkan hati siapa yang dikehendaki-Nya.
    Roma 9:22 Jadi, kalau untuk menunjukkan murka-Nya dan menyatakan kuasa-Nya, Allah menaruh kesabaran yang besar terhadap benda-benda kemurkaan-Nya, yang telah disiapkan untuk kebinasaan–

    1. Charis, untuk memahami Roma 9:18, 22 kamu perlu membaca secara keseluruhan kitab Roma.

      Roma 9:16-24 sedang menjelaskan tentang kedaulatan Allah, tidak ada manusia yang menentang Dia. Allah berkuasa menaruh belas kasihan dan kemurahan kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya dan itu tidak tergantung kepada kehendak atau usaha manusia.

      ‘Jadi hal itu tidak tergantung pada kehendak orang atau usaha orang, tetapi kepada kemurahan hati Allah.’ Roma 9:16

      Dengan demikian Allah memang punya hak untuk membenarkan semua orang. Silakan kamu pelajari tulisan ini (klik di sini).

  5. Kehendak Allah agar setiap orang, yang percaya dalam nama Yesus yang beroleh hidup yang kekal. Dalam kitab Roma memang semua makhluk hidup berpengharapan untuk selamat.
    Mau tanya, dlm kitab Roma juga menceritakan ada yg diciptakan unttuk binasa dan ada yg menerima kemulian,. Terus bagaimana menjelaskannya?

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s