Kuasa Perkataan Iman

Prinsip utama ajaran kuasa perkataan iman adalah kalau kita berkata mati maka kematian akan berkuasa. Kalau kita berkata hidup maka kehidupan akan berkuasa. Apapun yang kita ucapkan akan terjadi sesuai dengan iman kita.

Sayang sekali, meskipun enak didengar di telinga namun ajaran tersebut bertentangan dengan perkataan kebenaran.

Sekalipun engkau mempunyai iman yang sempurna untuk memindahkan gunung namun itu tidak akan pernah membuatmu menjadi manusia yang berguna. Perkataanmu itu sia-sia saja diucapkan.    


Di kalangan Kristen beredar ajaran yang mengatakan bahwa manusia mempunyai kuasa ajaib dalam setiap perkataannya.  Ketika sedang sakit, kita diajarkan untuk berkata, “Saya sudah sembuh!”,  maka kita akan sembuh. Sebaliknya kalau kita berkata, “Saya sakit!”, maka kita akan sakit.

Ketika miskin, kita tidak boleh berkata kita miskin. Karena perkataan itu akan mengakibatkan kita menjadi benar-benar miskin selamanya.  Kita harus percaya dan mengulang-ulang pengakuan iman bahwa kita kaya dan diberkati maka kitapun akan menjadi kaya raya.

Ajaran sejenis itu secara umum dapat disebut sebagai ajaran kuasa perkataan iman. Prinsip utama ajaran itu adalah kalau kita berkata mati maka kematian akan berkuasa. Kalau kita berkata hidup maka kehidupan akan berkuasa. Apapun yang kita ucapkan akan terjadi sesuai dengan iman kita.

Sayang sekali, meskipun enak didengar di telinga namun ajaran tersebut bertentangan dengan perkataan kebenaran.

Mengenai perkataan yang dianggap mempunyai  kuasa ajaib, Yesus mengajarkan bahwa manusia tidak berkuasa. Begitu tidak berkuasanya perkataan sehingga untuk  memutihkan atau menghitamkan satu helai rambut pun tidak sanggup.

janganlah juga engkau bersumpah demi kepalamu, karena engkau tidak berkuasa memutihkan atau menghitamkan sehelai rambut pun. Matius 5:36

Yesus menyatakan dengan jelas bahwa perkataan manusia tidak mempunyai kuasa. Mengapa anda lebih memilih ajaran dongeng daripada mempercayai perkataan Yesus?

Tentu ada yang menerima atau menyebarkan ajaran dongeng karena tidak tahu. Tidak tahu bukanlah suatu kejahatan. Tetapi setelah tahu  maka sudah sepatutnya untuk berhenti mengajarkan dongeng dan berbalik mengajarkan kebenaran.

Sudah tiba waktunya bagi umat Kristen untuk menyingkirkan ajaran-ajaran dongeng dan kembali kepada kebenaran yang dinyatakan Alkitab. Kristus Yesus sebagai batu penjuru dan ajaran para rasul sebagai dasar.

Mari melihat apa yang diajarkan Alkitab mengenai kuasa perkataan iman.

Jika seorang saudara atau saudari tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan sehari-hari, dan seorang dari antara kamu berkata: “Selamat jalan, kenakanlah kain panas dan makanlah sampai kenyang!”, tetapi ia tidak memberikan kepadanya apa yang perlu bagi tubuhnya, apakah gunanya itu? Yakobus 2:15-16

Jika anakmu yang masih kecil menggigil kedinginan, apakah anakmu itu akan menjadi hangat karena engkau sebagai orang tua mengucapkan perkataan iman “Jadilah hangat!”? Tidak mungkin!  Perkataanmu tidak berkuasa menghangatkan tubuhnya.

Mengharapkan kehangatan bagi anak yang sedang kedinginan jelas adalah kebaikan namun perkataan imanmu itu mustahil berkuasa menghangatkan. Jika untuk mendatangkan kebaikan  saja perkataan iman tidak berkuasa maka mustahil ia sanggup untuk mendatangkan kejahatan!

Jika ibumu yang sudah renta menangis karena kelaparan, apakah ibumu itu akan menjadi kenyang setelah engkau dengan penuh iman mengucapkan, “Jadilah kenyang!”  Mustahil!  Perkataan imanmu itu tidak berguna. Perkataan imanmu tidak berkuasa untuk mengubah perut lapar menjadi kenyang.

Inilah yang diajarkan Alkitab mengenai kuasa lidah.

Jika seorang saudara atau saudari tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan sehari-hari, dan seorang dari antara kamu berkata: “Selamat jalan, kenakanlah kain panas dan makanlah sampai kenyang!”, tetapi ia tidak memberikan kepadanya apa yang perlu bagi tubuhnya, apakah gunanya itu? Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati. Yakobus 2:15-17

Sekalipun engkau mempunyai iman yang sempurna untuk memindahkan gunung namun itu tidak akan pernah membuatmu menjadi manusia yang berguna. Perkataanmu itu sia-sia saja diucapkan.  Iman tanpa perbuatan adalah mati.

Allah berkuasa dalam setiap perkataan-Nya.  Kamu bukan  Allah yang Maha Kuasa. Janganlah kamu menyombongkan dirimu sendiri.  Janganlah kamu menipu diri sendiri dan orang -orang lain seolah-olah kamu berkuasa dalam setiap perkataanmu sama seperti Allah berkuasa dalam setiap perkataan-Nya.

Perkataan manusia tidak mengandung kuasa untuk mendatangkan hal-hal ajaib.

Iklan

Diterbitkan oleh

kejarlahkasih

Kejarlah kasih, follow the way of love. https://kejarlahkasih.wordpress.com

9 tanggapan untuk “Kuasa Perkataan Iman”

  1. Kuasa perkataan memang sungguh luar biasa karena saya sudah mengalaminya .. Lewat perkataan iman saya disembuhkan dan diberkati Tuhan Yesus

  2. Harap di ingat walaupun kita sebagai anak mempunyai kuasa,bukan berarti semua yg kita katakan itu akan terjadi, simple nya, seorang anak berkata kepada asisten rumah tangga “mulai sekarang kamu saya pecat,!” Namun saat sang ayah tidak setuju apakah mungkin asisten rumah tangga itu dipecat?? Kita memang diberi kuasa ,namun tidak akan terjadi apa2 kalau bapa disurga tidak menyetujui…

  3. Hanya membagi wawasan :
    janganlah juga engkau bersumpah demi kepalamu, karena engkau tidak berkuasa memutihkan atau menghitamkan sehelai rambut pun. Matius 5:36

    bisa saya bagikan pendapat saya yang minim ini :
    dapat diartikan kita tidak memiliki kuasa atas sehelai rambutpun kita , karena semua yang ada adalah milik Tuhan. Maka jangan menggunakan kuasa lidah , karena kita ngga mengerti kepemilikan yang dijanjikan (rambut). Tidak satupun di dunia ini milik kita.

    Saran : Jadi perlu pendalam Alkitab lebih lanjut. Atau tanyakan pada kakak pembimbin grohani anda. Kemudian tanyakan pada Roh kudus

    1. Angel, dengarkan saran saya:

      Kalau kamu sudah tahu pendapat kamu minim maka pelajari Alkitabmu baik-baik dan tidak perlu menasehati orang lain.

      Kalau kamu berkata ‘tidak satupun di dunia ini milik kita’, maka berarti kamu juga tidak punya kuasa perkataan ataupun kuasa lidah.

  4. Dongeng kuasa perkataan memang sangat mengoda, bahkan memberikan sugesti yg kuat buat yg mendengar, sehingga banyak yg mempercayainya.
    Semoga byk yg akan kembali kepada standar Kebenaran yakni Alkitab.
    Tuhan Yesus Memberkatimu & keluarga

  5. Allah mberi kt 2 hal ktk kt menjadi anaknya.memberi kt kuasa n warisan.bgmn Bp sprti itu anaknya .sory sy tdk setuju dgn pendapat Anda

    1. Bulang, kau tidak perlu selalu setuju dg apa yg saya tulis.

      Jika kamu kristen yg mengakui Alkitab sebagai Kitab Suci, yang perlu kamu lakukan hanyalah menguji apa yg saya tulis dan apa yang kamu percayai berdasarkan pendapat Kitab Suci itu sendiri.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s