Juruselamat Semua Manusia

Itulah sebabnya kita berjerih payah dan berjuang, karena kita menaruh pengharapan kita kepada Allah yang hidup, Juruselamat semua manusia, terutama mereka yang percaya. Beritakanlah dan ajarkanlah semuanya itu. 1 Timotius 4:10-11

Umat Kristen yang mengakui Alkitab sebagai Kitab Suci tentu setuju dengan pernyataan tersebut. 

Allah menghendaki semua orang diselamatkan.  Kitab Roma mengajarkan bahwa semua orang telah dibenarkan.

Para rasul sepakat mengajarkan bahwa Allah adalah Juruselamat semua manusia.


Itulah sebabnya kita berjerih payah dan berjuang, karena kita menaruh pengharapan kita kepada Allah yang hidup, Juruselamat semua manusia, terutama mereka yang percaya. Beritakanlah dan ajarkanlah semuanya itu. 1 Timotius 4:10-11

Umat Kristen yang mengakui Alkitab sebagai Kitab Suci tentu setuju dengan pernyataan tersebut. Allah menghendaki semua orang diselamatkan, oleh karena itu Allah mengutus Anak-Nya untuk menyelamatkan dunia. Tentu penulis Kitab Suci percaya Allah berhasil, sehingga berani menyatakan: Allah adalah Juruselamat semua manusia.

Juara kampung boleh membual sebagai juara dunia, namun Alkitab tidak membual. Dokter hewan yang seumur hidup hanya sanggup menyembuhkan 100 (seratus) ekor anjing, dapat dengan sengaja berdusta dan menggelari dirinya sendiri sebagai dokter penyembuh semua hewan. Tetapi Kitab Suci tidak membual dan tidak berdusta.

Alkitab menyatakan: Allah adalah Juruselamat semua manusia.

George Washington adalah pahlawan negara Amerika Serikat. Apa pendapat anda jika buku pelajaran sejarah mengajarkan bahwa George Washington adalah pahlawan semua negara? Jika hal itu terjadi, maka kita boleh menyebut buku sejarah tersebut sebagai buku yang tidak dapat dipercaya. Kalau tidak sedang membual maka penulis buku tersebut pasti keliru.

Tetapi penulis Kitab Suci tidak keliru.

Alkitab mencatat Anak Allah adalah Juruselamat dunia karena memang bermaksud mengajarkan: Anak Allah menyelamatkan dunia. Rasul Kristus Yesus bersaksi Allah adalah Juruselamat semua manusia karena memang bermaksud mengajarkan: Allah menyelamatkan semua manusia.

Allah bukan Juruselamat orang percaya saja melainkan Juruselamat semua orang.  Semua orang berarti mereka yang percaya dan mereka yang tidak percaya. Tidak ada perbedaan.

Anak Allah adalah Juruselamat dunia.

Seandainya ada seorang dokter yang berhasil menyelamatkan 100 (seratus) orang korban luka pada bencana tsunami Aceh lalu, maka para jurnalis boleh–boleh saja menyebut  dokter tersebut sebagai penyelamat korban tsunami. Tetapi tentu menjadi tidak tepat jika kemudian menggelari dokter tersebut sebagai penyelamat semua korban tsunami.

Rasul Paulus bersaksi bahwa Allah menghendaki semua manusia diselamatkan dan mengajarkan Allah adalah Juruselamat semua manusia. Itu bukan pendapat dirinya sendiri saja karena Rasul Yohanes juga menulis hal yang sejalan dengan itu. Yohanes mengajarkan bahwa Allah mengutus Anak-Nya untuk menyelamatkan dunia. Para rasul ternyata sepakat tentang kebenaran yang sama.

Kebenaran bahwa Allah adalah Juruselamat semua manusia.

Dia telah menyerahkan Diri-Nya menjadi tebusan bagi semua manusia. Oleh satu perbuatan kebenaran yang telah dilakukan Yesus Kristus maka  semua orang telah dibenarkan.

Keselamatan terjadi oleh kasih karunia, bukan karena perbuatan dan bukan  hanya karena iman. Iman manusia bukan syarat keselamatan. Oleh kasih karunia, mereka yang percaya diselamatkan. Oleh kasih karunia pula, mereka yang tidak percaya akan diselamatkan. Tidak ada perbedaan.

Allah adalah Juruselamat semua manusia.

 

Iklan

Diterbitkan oleh

kejarlahkasih

Kejarlah kasih, follow the way of love. https://kejarlahkasih.wordpress.com

9 tanggapan untuk “Juruselamat Semua Manusia”

  1. Saya Rasa saudara tidak percaya YESUS itu Allah..
    Dan anda menyebut YESUS itu Rasul.. Sy sangat Yakin anda adalah bukan pengikut KRISTUS..
    Walau Tulisan anda Terdengar masuk Akal, tapi saya bukanlah org bodoh.. Yg mau anda sesatkan..

    BERTOBATLAH!! KERAJAAN ALLAH SUDAH DEKAT…!

    1. [Saya Rasa saudara tidak percaya YESUS itu Allah.. Dan anda menyebut YESUS itu Rasul.. Sy sangat Yakin anda adalah bukan pengikut KRISTUS.. Walau Tulisan anda Terdengar masuk Akal, tapi saya bukanlah org bodoh.. Yg mau anda sesatkan..]

      Hansley, mengaku sebagai bukan orang bodoh sama sekali tidak menjadikan kamu pintar.

      Orang Kristen pintar menyelidiki tulisan-tulisan saya berdasarkan standar yg saya gunakan yaitu Alkitab sebagai Kitab Suci, setelah itu baru memberi komentar.

      Kamu? Sekalipun belum mengenal saya, namun kamu sok tahu dan bahkan berani menuduh saya menyesatkan. Perilaku seperti itu adalah perilaku yang tidak bijak.

  2. Pernyataan bahwa Kristus telah menyerahkan diri-Nya sebagai tebusan bagi semua orang (I Tim. 2:6) dan pernyataan-pernyataan lain dengan arti seperti itu mungkin dianggap sedang menyatakan bahwa semua orang pada akhirnya akan diselamatkan dalam dunia yang akan datang, jika bukan dalam dunia yang sekarang. Tetapi, adalah sangat gegabah jika kita bersandar pada tafsiran seperti itu. Itu akan menjadi hal mengerikan bagi orang yang beranggapan demikian ketika mendapati bahwa itu adalah salah. Jika seorang raja (kepala negara) menawarkan amnesti bagi semua pemberontak yang mau menyerahkan diri pada batas waktu tertentu, tawaran itu bagi semua, tetapi hanya orang-orang yang tunduk pada syarat-syarat itu yang akan mendapat manfaatnya. Keselamatan ditawarkan kepada semua orang yang menerima Kristus tanpa batas. Jika seluruh dunia akan menerima Dia, pengurbanan-Nya akan tersedia bagi semua. Dengan demikian keselamatan itu berlaku universal. Tetapi, bagaimana orang-orang yang mengabaikannya atau menolaknya? Tidak ada kurban lebih jauh. Bukan hak kita untuk membatasi belas kasihan Allah, tetapi melalui Firman-Nya Dia tidak memberi kita dasar pengharapan bahwa akan tersedia kesempatan lain untuk menerima Kristus setelah kita mati.

    1. [Jika seorang raja (kepala negara) menawarkan amnesti bagi semua pemberontak yang mau menyerahkan diri pada batas waktu tertentu, tawaran itu bagi semua, tetapi hanya orang-orang yang tunduk pada syarat-syarat itu yang akan mendapat manfaatnya.]

      Hansley, pemahaman kamu tentang amnesti sungguh memalukan!

      Hansley, yang kamu sampaikan itu bukan tawaran amnesti, tapi ULTINATUM. Seorang raja KEJI memberi ULTINATUM, kalau mau tunduk maka diampuni, kalau tidak mau tunduk maka akan DISIKSA, dibuat menderita SELAMANYa. Itu adalah sikap RAJA yang KEJAM dengan ultinatum KEJI, sama sekali bukan Allah yang adalah kasih!

      [Tidak ada kurban lebih jauh. Bukan hak kita untuk membatasi belas kasihan Allah, ]

      Dalam hal ini kamu benar, memang tidak perlu korban lagi karena SUDAH ada PENGAMPUNAN. Tidak ada seorang manusiapun yang perlu menjadi korban karena mereka semua telah diampuni.

      Dan firman-NYA tidak memberi kamu hak untuk membatasi belas kasihan Allah, karena Alkitab menyatakan dengan tegas bahwa belas kasihan Allah adalah atas SEMUA manusia.

      Atau iri hatikah kamu karena Allah murah hati?

  3. Maksudnya ayat ini, Pak
    Juga ayat selanjutnya,( mereka yang berbuat jahat dihakimi dan dpt hukuman kekal). Itulah isi Kitab Wahyu yg sy ketahui, tentang penghakiman sebelum Yerusalem turun ke bumi.
    Wahyu 9:18 Oleh ketiga malapetaka ini dibunuh sepertiga dari umat manusia, yaitu oleh api, dan asap dan belerang, yang keluar dari mulutnya.
    Mohon dijawab ya, mau belajar dgn benar dari Bapak. Makasih.

  4. Karena Kasih Karunia semua manusia diselamatkan. Trus mau tanya kalau dalam Kitab Wahyu menceritakan tidak semuanya, melainkan hanya yang percaya dan taat sampai akhir. Mengenai hal itu bagaimana menjelaskannya?

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s