Belas Kasihan-Nya Atas Semua

Sebab Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan belas kasihan-Nya atas mereka semua. Roma 11:32

TUHAN memilih Israel untuk menjadi bangsa pilihan. Ikatan perjanjian TUHAN  dengan Israel telah gagal. Hukum Taurat tidak berlaku lagi. Suatu perjanjian baru telah dimulai. Bangsa-bangsa yang dahulu tidak terpilih kini menerima pilihan kasih karunia.

Tidak ada seorangpun yang sanggup memperoleh keselamatan karena percaya atau karena melakukan sesuatu bagi Dia. Segala kesalehan manusia adalah seperti kain najis dihadapan-Nya. Tetapi Allah memberikan belas kasihan-Nya kepada semua.

Semua telah ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dan segambar dengan-Nya.  Oleh kasih karunia-Nya maka semua orang telah dibenarkan.

Sekalipun semua manusia gagal namun Allah sanggup menunjukkan belas kasihan-Nya kepada mereka semua. Belas kasihan menang atas penghakiman. 


Sebab Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan belas kasihan-Nya atas mereka semua. Roma 11:32

Pada masa Perjanjian Lama, TUHAN memilih Israel untuk menjadi bangsa pilihan. Dia memberikan Hukum Taurat kepada bangsa Israel. Perjanjian Taurat adalah bagi Israel dan bukan bagi bangsa-bangsa lain.

Hukum Taurat menuntut ketaatan sempurna. Berkat bagi yang taat dan kutuk bagi yang tidak taat.  Alkitab mencatat kegagalan Israel dalam memenuhi tuntutan Hukum Taurat. Ikatan perjanjian TUHAN  dengan Israel telah gagal.

Oleh pelanggaran tersebut maka bangsa-bangsa lain menerima pembebasan. Janji penyelamatan-Nya sampai kepada bangsa-bangsa lain. Bangsa-bangsa yang dahulu tidak terpilih kini menerima pilihan kasih karunia.

Perjanjian lama yang membeda-bedakan hukum diantara umat manusia sudah tidak berlaku lagi. Perjanjian lama sudah berlalu. Hukum Taurat tidak berlaku lagi. Suatu perjanjian baru telah dimulai. Tidak ada perbedaan di antara sesama manusia.

Lalu apakah bangsa Israel akan dibuang? Tidak. Bangsa Israel dipilih karena nenek moyang mereka dan pilihan itu tidak disesali.

Sekalipun sebagian Israel tidak percaya kepada berita pembebasan, namun mereka tidak akan tinggal tetap dalam ketidakpercayaan itu. Pada waktu-Nya seluruh Israel akan memperoleh kasih karunia sama seperti bangsa-bangsa lain menerima kasih karunia. Kasih karunia diberikan kepada semua bangsa.

Apakah kemudian bangsa Israel dapat bermegah? Tidak mungkin. Bangsa Israel telah terbukti memberontak terhadap TUHAN. Mereka menerima keselamatan bukan karena taat kepada hukum. Keselamatan mereka adalah semata-mata karena belas kasihan Allah.

Apakah bangsa-bangsa lain dapat bermegah? Tidak mungkin. Bangsa-bangsa lain tidak terhitung sebagai umat yang mengikat perjanjian dengan TUHAN. Mereka menerima keselamatan bukan karena terhitung sebagai umat pilihan TUHAN. Keselamatan mereka  adalah semata-mata karena belas kasihan Allah.

Tidak ada seorangpun yang sanggup memperoleh keselamatan karena percaya atau karena melakukan sesuatu bagi Dia. Semua orang memberontak dan semua telah dibungkam. Tidak ada manusia yang dapat memegahkan dirinya sendiri di hadapan Allah. Segala kesalehan manusia adalah seperti kain najis dihadapan-Nya. Tetapi Allah memberikan belas kasihan-Nya kepada semua.

Belas kasihan menang atas penghakiman. Oleh kasih karunia-Nya maka semua orang telah dibenarkan.

Sejak awal penciptaan manusia, Allah memang berkehendak untuk menjadikan manusia yang serupa dan segambar dengan Dia. Tidak ada yang dapat mengagalkan kehendak Allah. Semua telah ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dan segambar dengan-Nya.

Allah adalah Juruselamat semua manusia. Sekalipun semua manusia gagal namun Allah sanggup menunjukkan belas kasihan-Nya kepada mereka semua. Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya! Amin.

Iklan

Diterbitkan oleh

kejarlahkasih

Kejarlah kasih, follow the way of love. https://kejarlahkasih.wordpress.com

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s